Bus Persib Dirusak, Para Bobotoh Rusak Mobil Plat B

Kondisi bus tim Persib Bandung yang dirusak oleh sekelompok orang tidak dikenal yang diduga merupakan suporter Persija Jakarta (Jakmania) pada Sabtu (22/6) kemarin.

Kondisi bus tim Persib Bandung yang dirusak oleh sekelompok orang tidak dikenal yang diduga merupakan suporter Persija Jakarta (Jakmania) pada Sabtu (22/6) kemarin.

Bus yang membawa rombongan skuad dari tim Persib Bandung dirusak oleh sekelompok orang tidak dikenal yang diduga merupakan suporter Persija Jakarta (Jakmania) dalam perjalanan menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Sabtu (22/6) kemarin. Saat itu, Persib akan melakoni laga tandang melawan Persija Jakarta dalam laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2012-2013. Bus tersebut diserang dengan batu sehingga menyebabkan kaca bus rusak dan para pemain mengalami luka-luka. Akibat tindakan tersebut, manajemen tim Persib memutuskan untuk membatalkan rencana pertandingan itu. Persija pun dinyatakan menang secara walk out (WO). Persib meminta agar PT Liga Indonesia menggelar ulang pertandingan tersebut di kota lainnya yang netral dengan jaminan keamanan dan keselamatan bagi semua pihak.

Akibat kejadian ini, para pendukung Persib Bandung (Viking atau Bobotoh) merasa kesal dan memblokade Jalan Pasteur sehingga mengdanggu ketertiban dan kenyamanan lalu lintas. Mereka juga melakukan sweeping dan merusak setiap kendaraan berpelat B yang lewat di sepanjang jalan di Bandung, diantaranya di Jalan Pasteur, Jalan RE Martadinata, Jalan Citarum, Jalan Braga, Jalan Cihampelas, dan Jalan Dago. Salah satu korbannya yakni vokalis grup band SHE, Melly Firmansyah. Ini merupakan kejadian kedua yang dialami Melly setelah pada tahun lalu ia juga mengalami peristiwa yang serupa. Peristiwa ini dialaminya saat keluar di pintu tol Pasteur menuju arah Jakarta. Selain mengalami kerugian materi, ia pun menyesalkan trauma psikis yang dialami putrinya yang baru berumur 4 tahun.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merasa dikecewakan atas ulah suporter Jakmania yang melempari bus pemain Persib kemarin. Mantan Walikota Surakarta tersebut mengungkapkan bahwa aksi brutal suporter itu merupakan salah satu bentuk tidak menghargai tamu. Menurutnya perbuatan itu sangat mencoreng dunia sepak bola di Indonesia. Sedangkan Polda Metro Jaya akan memanggil koordinator Jakmania untuk menelusuri aksi pelemparan ini. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, sampai saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dan mengidentifikasi para pelaku. Kepolisian sudah memeriksa para saksi. Berdasarkan keterangan dari salah satu saksi, pada pukul 14.25 WIB ada sekitar 20 sampai 25 orang yang tengah membuntuti bus tersebut dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan berbagai jenis.

Lalu mereka bersiap-siap di halte busway Jamsostek dengan melengkapi diri menggunakan penutup muka. Setelah itu, mereka langsung berteriak dan melemparkan batu ke arah bus rombongan Persib yang melintas. Lantaran belum merasa puas, mereka pun menyebrang ke arah Polda Metro Jaya untuk mencegat bus rombongan Persib, tetapi kelompok penyerang tersebut tidak berhasil. Pelatih Persija Jakarta, Benny Dollo kecewa dengan dibatalkannya pertandingan Persija melawan Persib kemarin. Ia juga mempertanyakan alasan rombongan Persib yang tidak meminta kepada panpel untuk menyediakan kendaraan taktis (rantis) yang mengawal kedatangan mereka ke stadion, sama seperti ketika Persija tengah berada di Bandung. Menurut mantan pelatih timnas Indonesia itu, perseteruan suporter antara Jakmania dan Viking seharusnya membuat Persib dapat belajar dari pengalaman.

Sumber: http://www.kompas.com, http://www.republika.co.id

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s